"Sekolah Merdeka Belajar"


Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024

SMK Ar-Rohman Tegalrejo telah membuka penerimaan peserta didik baru. Untuk informasi lebih lanjut silahkan buka halaman berikut : Informasi Pendaftaran.


Post Page Advertisement [Top]

Kegiatan

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMK Ar-Rohman Tegalrejo Tahun 2022

 

Gambar. Kegiatan MPLS SMK Ar-Rohman Tegalrejo

MPLS merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh peserta didik baru ketika masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar yang efektif, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Artinya, peserta didik baru tidak hanya dikenalkan dari sisi fisik sekolah barunya akan tetapi juga pengenalan sekolah yang bersifat non fisik. Sesuai dengan Permendikbud No.18 Tahun 2016 bahwa penyelenggaraan MPLS di sekolah wajib melakukan kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan. Kegiatan MPLS dilarang mengarah pada perploncoan atau tindakan kekerasan lainnya (bersifat humanis).

Tujuan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Peserta Didik Baru, antara lain:
  1. Mengenali potensi diri peserta didik baru.
  2. Membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai peserta didik baru.
  4. Mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya.
  5. Menumbuhkan perilaku positif, antara lain: kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memilki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Gambar. Upacara Pembukaan MPLS

Tema yang diusung dalam kegiatan MPLS di SMK Ar-Rohman Tegalrejo ialah "Gen Z, Berkreasi, Berprestasi". Tema tersebut mengandung harapan bahwa Gen Z harus mampu memanfaatkan potensi yang ada pada dirinya dengan penuh kreativitas dan mampu berprestasi di tengah hingar bingar kemajuan tekonologi. Kegiatan MPLS dilaksanakan mulai tanggal 18 Juli s.d. 20 Juli 2022 yang diawali dengan upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan pengisian materi dan games.

Gambar. Pemateri mengisi kegiatan MPLS

Gambar. Pengenalan Konsentrasi Keahlian

Gambar. Game Session

MPLS ini menjadi wadah bagi para peserta didik baru dalam mengenali lingkungan belajarnya yang baru. Peserta didik dikenalkan dengan teman-teman barunya, kakak kelasnya, serta ustadz dan ustadzahnya. MPLS di SMK Ar-Rohman Tegalrejo selalu diwujudkan dalam kegiatan yang penuh makna dan keceriaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]