"Sekolah Merdeka Belajar"


Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024

SMK Ar-Rohman Tegalrejo telah membuka penerimaan peserta didik baru. Untuk informasi lebih lanjut silahkan buka halaman berikut : Informasi Pendaftaran.


Post Page Advertisement [Top]

Berita

SMK Ar-Rohman Tegalrejo Meluncurkan Aplikasi Android Bernama SIAKAR

Gambar. Aplikasi Siakar

Digitalisasi saat ini sudah merambah ke semua sektor kehidupan, termasuk didalamnya ialah sektor pendidikan. Sektor pendidikan kini turut mengikuti tren tersebut dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk penunjang kegiatan pembelajaran dan juga administrasi. Terlebih untuk kegiatan pembelajaran secara daring atau online memerlukan pelibatan Teknologi Informasi dalam menunjang kegiatan pembelajaran daring tersebut. Pembelajaran daring yang dilaksanakan saat ini melibatkan berbagai media untuk pelaksanaan pembelajaran. Media yang digunakan untuk pembelajaran seperti, media sosial, seperti youtube dan whatsapp, kemudian menggunakan website pembelajaran, seperti e-learning, serta penggunaan media video pembelajaran untuk penyampaian materi. 

Pembelajaran daring yang diterapkan di hampir seluruh sekolah di Indonesia menimbulkan cara kerja baru yang lebih mendorong kita untuk melakukan digitalisasi layanan, termasuk hal tersebut diterapkan di SMK Ar-Rohman Tegalrejo. Mulai pelayanan yang bersifat pedagogik maupun administratif, SMK Ar-Rohman Tegalrejo telah memulai selangkah lebih cepat. Khusus untuk pelayanan administratif, SMK Ar-Rohman Tegalrejo melakukan pengembangan sebuah aplikasi yang dapat mempermudah kegiatan administrasi baik untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan maupun peserta didik atau siswa. Hal tersebut dilatarbelakangi akibat adanya sistem pelaporan kegiatan belajar mengajar secara online dan keinginan untuk mengurangi dokumen fisik yang menggunakan kertas secara lebih optimal. 

Oleh sebab itulah, SMK Ar-Rohman Tegalrejo yang dikomandoi oleh Tim Pengembang Kurikulum, telah berhasil mengembangkan aplikasi berbasis Android yang bernama SIAKAR (Sistem Informasi SMK Ar-Rohman). Aplikasi tersebut memiliki dua versi, yaitu versi aplikasi untuk pendidik dan tenaga kependidikan dan versi aplikasi untuk peserta didik/siswa. Fitur kedua versi tersebut berbeda, diantaranya ialah sebagai berikut :

  • SIAKAR, merupakan versi aplikasi khusus pendidik dan tenaga kependidikan SMK Ar-Rohman Tegalrejo. Aplikasi tersebut memiliki fitur yang cukup banyak, seperti Pendaftaran Peserta Didik Baru, Unggah Perangkat Pembelajaran, Unggah Laporan Mengajar Daring, dan Pantau Pelaporan Belajar Siswa, serta fitur untuk melihat data yang diunggah secara lengkap. Pembaruan terbaru, kini aplikasi Siakar juga menghadirkan fitur Presensi atau Kehadiran bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, sistem presensi atau kehadiran pada aplikasi Siakar menggunakan basis Geo Location yang memanfaatkan GPS Reciever pada smartphone.
  • SIAKAR SKY, merupakan versi aplikasi khusus peserta didik/siswa SMK Ar-Rohman Tegalrejo. Aplikasi tersebut memiliki fitur utama yang cukup pokok untuk penunjang pelaporan belajar siswa dari rumah, seperti Lapor Belajar Siswa dan Lihat Laporan Belajar.

Pengembangan aplikasi tersebut berbasis native android sehingga dapat berjalan di hampir semua versi android yang berada di smartphone para pendidik dan tenaga kependidikan serta peserta didik SMK Ar-Rohman Tegalrejo. Peluncuran dan pemanfaatan aplikasi SIAKAR tersebut diharapkan dapat membawa SMK Ar-Rohman Tegalrejo setingkat lebih maju dalam memasuki era Industri 4.0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]