"Sekolah Merdeka Belajar"


Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024

SMK Ar-Rohman Tegalrejo telah membuka penerimaan peserta didik baru. Untuk informasi lebih lanjut silahkan buka halaman berikut : Informasi Pendaftaran.


Post Page Advertisement [Top]

Berita

Telah Rilis !! Gemar : Aplikasi Belajar Berbasis Android Untuk Siswa-siswi SMK Ar-Rohman Tegalrejo

 



Pada era digital seperti saat ini, cukup banyak bermunculan platform belajar online baik berupa website maupun aplikasi di smartphone. Seiring meningkatnya popularitas platform belajar online tersebut mendorong Tim Kurikulum SMK Ar-Rohman Tegalrejo untuk mengembangkan aplikasi belajar online yang dapat memfasilitasi belajar siswa ketika belajar daring. Terlebih pada era pandemi seperti ini yang proses belajarnya masih menggunakan format 50% tatap muka dan 50% belajar daring atau disebut dengan Hybrid Learning maka inovasi pembelajaran harus terus dilakukan agar siswa tetap memudahkan belajar dan meningkatkan motivasi belajar siswa. 

Aplikasi belajar berbasis android yang dikembangkan oleh Tim Kurikulum SMK Ar-Rohman Tegalrejo diberi nama Gemar yang merupakan akronim dari Gerakan Membaca Ar-Rohman, yang merupakan salah satu wujud program literasi. Selain itu, pengembangan Gemar merupakan salah satu cara mewujudkan program literasi dan gerakan digitalisasi sekolah yang dicanangkan oleh Kemendibud Ristek RI dalam satu platform. Semoga pengembangan aplikasi ini memberikan kebermanfaatan dan kebermaknaan proses pembelajaran di SMK Ar-Rohman Tegalrejo.



Fitur yang ada di Gemar :
  • Kelas Online
  • Video Edukasi (ala RuangGuru)
  • Pesan Literasi (Broadcast)
  • Kartu Pelajar Digital

Kelas Online tersebut merupakan salah satu fitur untuk memudahkan siswa dalam belajar ketika di rumah secara daring, siswa-siswi akan lebih mudah terhubung dengan para ustadz dan ustadzah melalui mode asynchronous.

Video Edukasi tersebut merupakan salah satu fitur untuk dapat melihat tayangan video pembelajaran yang disajikan dan disiapkan oleh para ustadz dan ustadzah.

Pesan Literasi tersebut merupakan salah satu fitur untuk mendapatkan pesan-pesan literasi yang dikirimkan oleh ustadz/ustadzah, dan pesan tersebut akan tersebar dan masuk ke aplikasi Gemar yang terpasang di smartphone masing-masing siswa.

Kartu Pelajar Digital tersebut merupakan salah satu fitur untuk mewujudkan sebuah kartu pelajar yang tidak selalu harus dibawa dalam bentuk fisik. Untuk dapat menggunakan kartu pelajar digital, siswa perlu memverifikasi akun pada aplikasi Gemar kepada wali kelas agar data yang diinputkan sesuai.

4 komentar:

Bottom Ad [Post Page]