"Sekolah Merdeka Belajar"


Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024

SMK Ar-Rohman Tegalrejo telah membuka penerimaan peserta didik baru. Untuk informasi lebih lanjut silahkan buka halaman berikut : Informasi Pendaftaran.


Post Page Advertisement [Top]

BeritaInformasi

Smart Thermometer : Inilah Produk SMK Ar-Rohman Tegalrejo sebagai Pembuka Inovasi Selanjutnya

SMK Ar-Rohman Tegalrejo sebagai sekolah menengah kejuruan yang berbasis pondok pesantren sekaligus berorientasi pada dunia kerja dan dunia industri, tak henti untuk menciptakan inovasi-inovasi khususnya pada pembelajaran. Pembelajaran di SMK Ar-Rohman Tegalrejo menekankan pada pembelajaran berbasis project atau produk sehingga siswa-siswi SMK Ar-Rohman Tegalrejo sehingga akan tercapai keterampilan siswa pada level Berpikir Tingkat Tinggi atau High Order Thinking Skill. Hal tersebut diwujudkan melalui pembelajaran dengan model Project Based Learning yang diterapkan dan difasilitasi oleh ustadz dan ustadzah. 

Salah satu produk hasil kolaborasi antara guru dan siswa-siswi SMK Ar-Rohman Tegalrejo ialah Smart Thermometer. Produk Smart Thermometer ialah mesin pengukur suhu tubuh yang akan secara otomatis mengukur suhu tubuh manusia ketika mendeteksi telapak tangan atau tubuh manusia yang diletakkan di hadapan mesin, kemudian mesin secara otomatis akan menjustifikasi apakah yang bersangkutan dalam kondisi sehat atau demam melalui layar yang tersedia. Produk Smart Thermometer ini akan terus dikembangkan fungsi dan fiturnya mengingat di dalamnya ditanamkan alat khusus untuk menerjemahkan serangkaian kode. Produk Smart Thermometer tersebut diciptakan dan dikembangkan oleh tim Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL).

Gambar. Smart Thermometer Karya SMK Ar-Rohman Tegalrejo

Karya hasil kolaborasi guru dan siswa-siswi SMK Ar-Rohman Tegalrejo ini tidak akan berhenti di sini. Pada beberapa waktu ke depan, akan terus ditingkatkan untuk menciptakan atau mengembahkan produk-produk yang berdaya guna dan dibutuhkan oleh industri dan masyarakat. Serta tidak menutup kemungkinan untuk menjadikan project atau karya SMK Ar-Rohman Tegalrejo menjadi produk massal yang akan diperjualbelikan. Oleh sebab itu, kami selaku pihak sekolah memohon doa restunya agar program peningkatan pembelajaran ini dapat berjalan dengan lancar.





Smart Thermometer karya SMK Ar-Rohman Tegalrejo ini menandai langkah awal dalam proses perkembangan kualitas sekolah ke level yang lebih tinggi. Sebagai langkah uji coba produk, Smart Thermometer digunakan dalam proses screening siswa sebelum masuk ke ruang kelas masing-masing. Perbaikan dan peningkatan produk terus ditingkatkan setelah dilakukan uji coba. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]