"Sekolah Merdeka Belajar"


Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024

SMK Ar-Rohman Tegalrejo telah membuka penerimaan peserta didik baru. Untuk informasi lebih lanjut silahkan buka halaman berikut : Informasi Pendaftaran.


Post Page Advertisement [Top]

BeritaKegiatan

Pelatihan Produksi Sabun Cuci Piring dan Cuci Baju Ramah Lingkungan

 

Gambar. Pengukuran pH dari air yang digunakan dalam proses produksi

Magetan, 16 November 2022, SMK-ARROHMAN.SCH.ID - Siswa-siswi SMK Ar-Rohman Tegalrejo mendapatkan kesempatan besar untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam berwirausaha dan menghasilkan suatu produk. Pada Rabu, 16 November 2022, SMK Ar-Rohman Tegalrejo bekerjasama dengan PT. Teguh Gemilang Abadi melakukan pelatihan produksi sabun cuci piring dan cuci baju kepada para siswa-siswi. Pelatihan dimulai pukul 08.00 WIB kemudian berakhir pada pukul 11.00 WIB. Kegiatan pelatihan diawali dengan penjelasan awal mengenai proses produksi sabun dan bahan-bahan produksi sabun yang ramah lingkungan serta tidak membuat iritasi atau alergi terhadap kulit. Perwakilan dari PT. Teguh Gemilang Abadi juga menjelaskan bahwa limbah sabun yang diproduksi nanti akan sangat aman jika dibuang ke lingkungan karena menggunakan bahan-bahan food grade.


Pelatihan yang dilaksanakan tersebut bertujuan agar siswa-siswi SMK Ar-Rohman Tegalrejo memiliki kemampuan dalam memproduksi suatu barang. Selain itu, siswa-siswi juga akan belajar tentang bagaimana memasarkan produk yang sudah jadi tersebut ke masyarakat. Hasil dari pelatihan tersebut diharapkan menghasilkan manfaat ganda yaitu siswa-siswi mampu memproduksi barang dan sekaligus juga dapat berlatih memasarkan barang produksinya. Hal tersebut diharapkan menumbuhkan mental kewirausahaan terhadap peserta didik. Siswa-siswi SMK Ar-Rohman Tegalrejo mengikuti seluruh kegiatan pelatihan dengan antusiasme yang tinggi.




Gambar. Antusiasme Siswa-siswi dalam mengikuti Pelatihan

Setelah siswa-siswi SMK Ar-Rohman Tegalrejo memahami penjelasan awal dari proses produksi, maka selanjutnya mereka diminta untuk membentuk dua kelompok. Kelompok tersebut bertugas untuk melakukan proses pembuatan produk sabun masing-masing. Bahan-bahan untuk produksi sabun sekaligus metode produksi telah disediakan oleh PT. Teguh Gemilang Abadi, sehingga siswa-siswi SMK Ar-Rohman Tegalrejo mampu melaksanakan proses produksi dengan lebih mudah. Sebelum proses produksi dimulai, dilakukan pengukuran pH air yang akan digunakan sebagai campuran bahan-bahan pembuatan sabun yang lain. Pengukuran pH air tersebut bertujuan untuk memastikan air yang digunakan memiliki pH air yang sesuai, sehingga sabun dapat menghasilkan busa yang optimal.


Gambar. Proses produksi sabun yang dilakukan oleh siswa-siswi

Pelatihan produksi sabun cuci piring dan cuci baju ramah lingkungan ini diharapkan mendorong jiwa kewirausahaan para siswa-siswi SMK Ar-Rohman Tegalrejo. Selain itu, pelaksanaan pelatihan ini mendukung program sekolah dalam mencetak wirausaha. Pada kesempatan yang sama, telah terjalin kerjasama (MoU) antara SMK Ar-Rohman Tegalrejo dan PT. Teguh Gemilang Abadi untuk membantu mewujudkan dan mendukung sekolah pencetak wirausaha.

Gambar. MoU antara SMK Ar-Rohman Tegalrejo dan PT. Teguh Gemilang Abadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]