"Sekolah Merdeka Belajar"


Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024

SMK Ar-Rohman Tegalrejo telah membuka penerimaan peserta didik baru. Untuk informasi lebih lanjut silahkan buka halaman berikut : Informasi Pendaftaran.


Post Page Advertisement [Top]

Kegiatan

Perkemahan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara Tahun Pelajaran 2022/2023

Gambar 1. Penyematan Tanda Peserta Perkemahan
Salam Pramuka!!! Perkemahan dalam rangka pelantikan pramuka penegak bantara Gugus Depan 17.041-17.042 Ambalan Ki Bagoes Bantjalana dan Nyi Ageng Serang pangkalan SMK Ar-Rohman Tegalrejo sukses digelar. Kegiatan ini berlangsung selama 3 dan dilaksanakan di bumi perkemahan SMK Ar-Rohman Tegalrejo. Giat perkemahan ini bertema Cintamu Sesuci Trisatya, Sayangmu Setulus Dasadharma Pramuka. "Sesuai dengan tema tersebut diharapkan adik-adik dapat mengamalkan Trisatya dan Dasadharma dalam kehidupan sehari-hari meskipun kita tidak sedang mengikuti kegiatan pramuka" amanat Kak Slamet Widodo, S.Pd. selaku pembina upacara ketika pembukaan perkemahan. 
Gambar 2. Pusaka Ambalan Gudep 17.041 - 17.042
Kegiatan perkemahan dibuka tepat pukul 14.30 WIB dengan ditandai menancapnya tombak sebagai pusaka ambalan pangkalan SMK Ar-Rohman Tegalrejo. Setelah giat upacara pembukaan kemudian dilanjut giat tes SKU Penegak Bantara. Calon penegak bantara sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang sudah terjadwal. Kegiatan ini diikuti oleh 28 calon penegak bantara yang dibagi menjadi 4 sangga.

Hari kedua diawali dengan giat senam pagi yang diikuti oleh adik-adik, kakak pembina serta masyarakat sekitar. Antusias warga sekitar sudah nampak ketika giat senam pagi, mereka antusias mengikuti tiap gerakan senam dengan penuh semangat karena ini merupakan hal baru bagi mereka. Selanjutnya adik-adik melakukan bersih diri dilanjut dengan giat pengenalan medan. Giat tersebut dimulai pukul 08.00 WIB s.d. 11.00 WIB. Ketika pelaksanaan kegiatan pengenalan medan, adik-adik melakukan interaksi dengan masyarakat sekitar untuk melatih jiwa sosiali serta mengamalkan dasadharma pramuka “Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”.
Gambar 3. Sajian Api Unggun dan Pentas Seni
Malam harinya dilanjut dengan giat api unggun yang tersaji meriah. Kegiatan puncak ini juga diiringi penampilan pentas seni tiap-tiap sangga bersamaan dengan atraksi kembang api yang menghiasi langit bumi perkemahan. Pentas seni yang ditampilkan antara lain sing a song, tari modern, senam semaphore, seni silat dan puisi berantai. Penampilan yang paling meriah ketika senam semaphore karena adik-adik mengkombinasi gerakan semaphore dengan musik yang telah dikompilasi dari beberapa lagu yang begitu apik. Hal tersebut mencerminkan jiwa kreatif adik-adik dalam menyuguhkan sajian pentas seni yang spektakuler
 
Gambar 4. Upacara Penutupan Perkemahan
"Perkemahan kenaikan tingkat penegak bantara merupakan kegiatan yang wajib diikuti seorang pramuka penegak untuk dapat menjadi pramuka penegak seutuhnya" ucap Kak Mego Yuda Pratikta selaku Ketua panitia. Setiap tahunnya kegiatan ini akan dilaksanakan setelah penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) yang diujikan kepada Dewan Ambalan Penegak (DAP) dan Calon Dewan Ambalan Peegak (CDAP).

Segenap keluarga besar Pangkalan SMK Ar-Rohman Tegalrejo mengucapkan selamat dan sukses kepada adik-adik yang telah dilantik menjadi Pramuka Penegak Bantara Gudep 17.041-17.042 Tahun Pelajaran 2022/2023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]